Cerita pengalaman, hobi, game, sepak bola, dan segala sesuatu yang terlintas dalam ingatan.

Minggu

Pengalaman Menang di designcontest.com


Moltbandung bukan seorang photoshoper atau image editor professional bukan pula coreldrawer atau vector maker handal, Ia seorang otodidaker sejati yang sering menjari photoshop dan coreldraw dan nekat ikut lomba di situs lomba desain. Ia tidak mengklaim diri sebagai professional atau si handal, ia ingin diklaim sebagai si untung yang diberi keberuntungan atau si cukup yang diberi kecukupan oleh Allah SWT.

Keisengannya menjari kedua software tersebut dimulai saat lulus sekolah jenjang menengah dan berlanjut saat ia menghisap bangku kuliah yang dirasa nya banyak waktu nganggur yang tidak boleh lapur tanpa bukur (supaya tidak nge-game terus, J ). Sedangkan kenekatannya dimulai dipenghujung 2012 dengan mendaftar sebagai desainer di situs designcontest.com. (klik untuk mendapat informasi detail tentang situs tersebut). Berikut sebagaian informasi yang dapat ia bagi untuk anda.

Untuk menjadi desainer di situs tersebut, menurutnya, ia harus bermodal bahasa inggris atau berteman dengan google translator meskipun yang terakhir harus ia nasihati karena terjemahannya terkadang tidak sebagus yang sebaiknya. Selain itu ia harus melewati beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan desain grafis, dan yang masih ia ingat adalah pertanyaan tentang tweaking. Singkat cerita, Ia pun dapat melewati test tersebut sehingga dinyatakan sebagai desainer level 1, (hmm.. mungkin lebih halus daripada istilah desainer amatir)

Di level 1, ia hanya memiliki kesepatan mengupload maksimal 3 desain untuk masing-masing kontes yang diikuti itu pun jika desainnya di nilai oleh CH (contest holder) <30. Semakin tinggi level, maka kesempatan mengupload desain semakin banyak, bahkan untuk level-level tertentu seorang desainer dapat memiliki unlimited upload dan kesempatan untuk memenangkan kontes sangat besar.

Umumnya CH di setiap kontes hanya memilih satu pemenang yang layak mendapat Gold Medal dan tentunya beserta Dollar yang berjumlah ratusan hingga ribuan, selain memilih desain yang berhak mendapatkan Silver atau Bronze Medal namun tanpa hadiah dollar. Hanya community contest yang memilh tiga pemenang yang masing-masing memperoleh dollar yang berbeda-beda, bahkan kalau tidak salah kontes-kontes terbaru ada yang mirip dengan community contest.

Banyak sekali hal yang tak terduga yang dialami Moltbandung selama menjadi desainer di situs terebut, terkadang optimisme tak berbunga mekar namun disisi lain pesimisme berbuah sangat manis. Hingga saat ini tepatnya dua tahun an dari total 196 kontest yang diikuti dan 866 desain yang di upload, ia baru mendapat 1 Gold Medal dengan US $413, 6 Silver Medal dan 9 Bronze Medal (dua diantaranya dari community contest; dengan total US $90 dan satu kaos DC). Hasil tersebut dirasa sangat menghiburnya sebagai income tambahan dari gajinya sebagai guru honorer biasa tanpa sertifikasi yang ia dapatkan dari 2 sekolah yang berkisar hanya di angka 400.000/bln dari total 14 jam mengajar dan 3 hari kerja (hehe... korban kurtilas; berkurang setengahnya, mengingat jam untuk bahasa inggris di kurikulum 2013 hanya 2 JP untuk tingkal SMA/SMK). 

Untuk hadiah dollar, menurutnya, tidak ada masalah karena seluruhnya sudah masuk ke akun Paypal, bahkan sudah dicairkan dengan bantuan teman yang bernama Yohan Salman, namun tidak dengan hadiah kaos yang hingga saat ini belum singgah di rumahnya. Ia sudah menyampaikan hal tersebut kepada Sharie, DC administrator, dan menurut Sharie pihaknya sudah mengirimkan bahkan 2x melalui Air Mail pasca disampaikannya keluhan tersebut. Namun hingga saat ini yang kedua pun belum mau singgah.

6 komentar:

  1. pengalaman yang hebat...mas, saya juga menang juara 3 (bronze medal) di designcontest..terus client mau membeli desain saya....caranya gimana kang ?mohon bantuannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan, dah lama sy ga update blog.. gimana udah dibeli sama client ga?

      Hapus
  2. kalau saya dpt bronze medal berarti saya tidak dpt uang ya mas...infonya top mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kontes nya gan.. di DC, ada beberapa kontes yang ngasih hadiah bagi yg dpt gold, silver dan bronze (multi-price contest dan community contest)

      Hapus
  3. klo menang file apa aja yang harus diupload mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Source file nya gan. Kalo saya dulu file cdr dan png (zipped pake 7z)

      Hapus

Kontribusi anda, sangat saya hargai.
Terima kasih