Cerita pengalaman, hobi, game, sepak bola, dan segala sesuatu yang terlintas dalam ingatan.

Kamis

Mengatasi Masalah MBANK50 atau MBANK51 di aplikasi BNI Mobile Banking

Pengalaman Mengatasi Masalah MBANK50 atau MBANK51 di aplikasi BNI Mobile Banking. Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman sukses mengatasi masalah mbank 50 dan mbank 51 di aplikasi Bank BNI. Salah satunya yang pernah dialami dengan gagalnya login ke akun karena ada notifikasi "user anda telah diaktifkan diperangkat lain...." seperti ini
notifikasi error "user anda telah diaktifkan pada perangkat lain. Mohon kunjungi cabang terdekat untuk mengganti perangkat anda" di aplikasi BNI mobile banking
Saya coba lakukan berbagai cara agar bisa login; mereset data app, menguninstall lalu menginstall ulang app namun masalah baru muncul dengan adanya MBANK51 dan MBANK50. 

cara mengatasi masalah "mbank50" transaksi tidak dapat diproses, pastikan bahwa nomor handphone anda adalah yang terdaftar di sistem. segera hubungi BNI call 1500046.

cara mengatasi masalah "mbank51" nasabah yth. untuk kenyamanan dan keamanan anda, aktivasi belum dapat dilakukan saat ini. mohon kunjungi kantor cabang BNI terdekat untuk proses aktivasi. info lanjut hubungi BNI call 1500046.

Jika permasalahan yang muncul adalah alert 2754, silahkan baca di halaman berikut: 


Saya menghubungi BNI Call yang tertera, namun CS ga ngasih solusi langsung dan ujung-ujungnya saya tetap disuruh mendatangi kantor cabang BNI terdekat dengan membawa butab, KTP dan kartu debet. 
Untuk kasus mbank51 cerita langsung datang ke KCP BNI terdekat dan melaporkan masalah yang dialami. Ternyata oh ternyata, masalahnya ada pada DUALSIM handphone. Saat pertama kali mendaftarkan mobile banking, cerita mendaftarkan no As sebagai kontak, namun pada saat masalah terjadi cerita menempatkan kartu As di slot ke-2 dan kartu three (yang digunakan untuk internet) di slot 1. 
Seharusnya nomor yang terdaftar di BNI harus ditempatkan di slot 1 dan merupakan sim yang aktif diigunakan untuk mengakses internet. Kalaupun di slot 2, maka slot 1 harus dinonaktifkan. 
Saat itu, saya memutuskan untuk mengganti no yang didaftarkan dengan nomor three (karena saat itu yang ada kuota internetnya cuma no itu). Setelah didaftarkan, CS meminta saya menguninstall app yang sudah ada dan menginstall ulang app. Berikut detil cara setting aktivasi aplikasi BNI Mobile Banking: 

  1. Install aplikasi BNI Mobile Banking Terbaru. 
  2. Buka aplikasinya
  3. Sortir ke bawah lalu klik tombol persetujuan
  4. Masukkan user id yang sudah terdaftar di BNI sebelumnya, lalu klik lanjut
  5. Masukkan nomer debet yang ada di kartu ATM BNI, lalu klik klik lanjut
  6. Anda akan mendapatkan sms kode OTP dari 3346 melalui sms dengan biaya sesuai tarif operator (pastikan no anda memiliki pulsa)
  7. Masukkan MPIN, Password Transaksi, dan kode OTP, lalu klik lanjut (MPIN dan Password transaksi jangan sama dengan sebelumnya) 
  8. Aktivasi BNI Mobile Banking Berhasil

Catatan:
Bila Anda pernah gagal aktifasi, lalu muncul alert MBANK50 harap uninstall dan install ulang app BNI Mobile Banking yang terbaru lalu ikuti langkah-langkah diatas. (Anda juga bisa menggunakan Wifi untuk akitifasi ini bila sim anda tidak ada kuota internetnya. Tapi, saran saya sih mending pake data internet yang ada di sim card yang terdaftar di BNI, demi keamanan) Pastikan nomor yang aktif adalah nomor yang didaftarkan di BNI Mobile Banking 
jika terjadi lagi masalah karena anda mengupdate app BNI Mobile Banking, lakukan kembali langkah-langkah diatas.
Semoga Berhasil!

Note: kalau ada cerita yang berbeda , silahkan share di kolom komentar semoga dapat membantu yang lain.

36 komentar:

  1. GAN TEMPAT SAYA ADA KENDALA "MBANK50" SAYA SUDAH TANYA KE CS TP TIDAK ADA SOLUSI, SAYA SUDAH COBA CARA SEPERTI CARA TERSEBUT JUGA GA BISA.. ADA SOLUSI LAIN TIDAK YA

    BalasHapus
  2. Sorry gan, baru bales.. mudah2an masalahnya sudah dapat ditangani...
    Mbank50 biasanya terjadi lagi saat aplikasi di update. Saya pun pernah mengalaminya dan yang saya lakukan adalah menguninstall app lalu menginstallnya lagi dan memastikan simcard yang aktif untuk internet adalah yang terdaftar di BNI dan berada di slot 1, lalu menonaktifkan sim di slot kedua2 dengan langkah2 yang saya sebutkan diatas. Bahkan, sekarang2 pun kalau mau menggunakan aplikasi, saya selalu menonaktifkan sim di slot 2, dan menggunakan data internet yang ada di sim slot 1 yang nomornya saya daftarkan di BNI. Alhamdulilah gada kendala gan..

    BalasHapus
  3. gan saya udah buang sim card 2 jadi semuanya terpakai dari sim 1 , dan internet saya pakai wifi sendiri. kenapa masih kluar alert mbank 50 yaaaa. ada salah ya dmn?

    BalasHapus
  4. No yang di sim 1 yang terdaftar di BNI kan? Seharusnya kalo no yang ada di sim 1 itu yang didaftarkan di BNI, alert mbank50 tidak terjadi. Kalo masih ada, mungkin sebelumnya ada update aplikasi, coba aja lakukan langkah2 di atas, upayakan data internet yang digunakan adalah data internet yang ada di sim 1, karena kalo pakai wifi, apalagi yg public, kemungkinan adanya alert bisa terjadi... semoga berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong di bantu. aku udah berhasil daftar mbngking tapi saldonya bener punyaku tapi nmr hpnya bukan punya ku

      Hapus
  5. Gan sayan sudah ikuti langkah nya semua tp pas register ulang kok muncul id atau no debit salah padahal udh bener. Gmana ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo gitu saya belum pernah ngalamin gan... hhe, maaf ga bisa ngasih solusi,.. mungkin ada temen2 yang perrnah ngalamin dan udah dapet solusinya, silahkan kasih komentar nya...terima kasih

      Hapus
  6. Saya jg ngalamin sprti itu M50 trs saya ke bank ke cs buat konfirmasi lg no telp,kata csnya klu ganti hp atau no hp harus di reset dulu biar gak ada lg tulisan perangkat anda sdh diaktifasi di perangkat lain atau M50 lg,stlh itu saya bisa aktifasi lg dan klu ada tulisan itu lg cb saja direstart hp nya ,semoga berhasil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin reset data app nya gan..

      Hapus
    2. Maaf ka klau ganti hp itu gmna, saya ganti hp trus log in di hp bru gk bisa, soalnya hp sblm nya mati gk bisa nyala,

      Hapus
  7. Terima kasih atas masukan pengalamannya.. semoga bisa membantu temen2 yang lain..

    BalasHapus
  8. Mau tanya gan...mungkin agak sedikit menyimpang....
    Nomor PIN kartu ATM sama MPIN password transaksi sama nggak ya....
    Soalnya saya pakai pin ATM buat melakukan transaksi tp gagal terus...
    MBÀNK18 sslalu suruh sayà ganti password MPIN....
    Kalau saya ganti nomer MPIN akan mempengaruhi no pin ATM juga ya...
    Maksudnya kalau nomer MPIN diganti berarti kartu ATM saya sdh nggak bisa digunain lagi..

    BalasHapus
  9. Mau tanya gan...mungkin agak sedikit menyimpang....
    Nomor PIN kartu ATM sama MPIN password transaksi sama nggak ya....
    Soalnya saya pakai pin ATM buat melakukan transaksi tp gagal terus...
    MBÀNK18 sslalu suruh sayà ganti password MPIN....
    Kalau saya ganti nomer MPIN akan mempengaruhi no pin ATM juga ya...
    Maksudnya kalau nomer MPIN diganti berarti kartu ATM saya sdh nggak bisa digunain lagi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tidak salah, MPIN boleh sama dengan PIN kartu atm (kalo sy sih pilih beda), dan perubahan mpin tidak akan mempengaruhi pin. Mpin untuk password masuk ke app, kalo pin utk masuk ke perintah2 di mesin atm. Cara2 utk mendapatkan mpin, coba agan googling lagi ya.. 🙏

      Hapus
  10. Gan .. kalo kasusnya seperti saya bagaimana ya
    Sy ganti hp, ketika aktifasi =} bni akan mengirimkan kode aktifasi sms,aplikasi langsung terhenti. Sy sudah menyimpan sim di sim1 dan merestart/instal ulang aplikasi namun tetap selalu begitu. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sis telat update.. gimana udah bisa sekarang? Kalo udah, bisa ceritakan pengalamaanya ya.. semoga bisa membantu temen2 yang mengalami hal yang sama..

      Hapus
  11. Gan,saya terjadi error MBANK50.
    Padahal nomer yang terdaftar di bni sama,benar dan aktif, tapi kenapa pas mau aktivasi muncul error MBANK50, saya cuma pake 1 dislot 1. Nah yang anehnya pulsanya sudah kepotong sesuai tarif ketika mau aktivasi dan muncul error MBANK50. Intinya nomer hp saya aktif,data aktif dan nomer yang saya pakai dan yang saya daftarkan itu sama. Sebelumnya pas awal awal bisa,nah ketika itu saya pengen logout akun mbank saya, pas saya mau login kok harus aktivasi lagi. Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  12. kalau 2 bank online di pake di 1 nomer dual SIM bisa gak??soalnya ane gagal terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin ada temen2 yang bisa ngasih jawaban, soale sy cuma pake 1 mbanking dan belum pernah pake 2... Maaf ya gan..

      Hapus
  13. Saya kok tetep gak bisa ya padahal udah ikut tutorialnya. Padahal di hp lama saya lancar jaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan, telat update.. gimana sekarang udah bisa?
      Bagi2 pengalamannya ya.. makasih.. 🙏

      Hapus
  14. Halo gan yg baik hati, saya ganti hp ke ip dan semua cara sudah saya lakukan (pulsa, jaringan, restart, reinstall apk) tetap saja yg keluar MBANK50 padahal sms banking saya masih aktif tapi tdk bisa aktivasi mobile banking.. huhu gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy belum pernah coba di iphone... Meski ganti hp asal no masih yang terdaftar di bni, seharusnya gada masalah ya.. oia, kalo udah dpt solusi, bagi2 pengalamannya ya..

      Hapus
  15. Aku gk bisa padahal cuma ada satu sim nomer juga yang terdaftar dan itu pun yg buat data seluler masih ada pulsanya juga tetep aja gk bisa

    BalasHapus
  16. Alart "92" kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau penyebab pastinya saya tidak tau. Tapi baru baru ini saya juga pernah ngalamin pada sore sampe malem, muncul Alert "92" seperti itu. Lalu saya coba lagi subuhnya, alert "92" tidak muncul lagi dan saya bisa melakukan transaksi lagi dengan normal.

      Hapus
  17. Gan saya ada maslah minta solusinya..aap bni mbanking saya ke hapus ga sengaja saya mau masuk lagi susah gmna caranya

    BalasHapus
  18. Saya diluar negeri pake hp Xiaomi redmi note 4 dual SIM saya taruh semua internet Dan kartu yg terdaftar di sim 1 yg slot 2 saya copot
    Sudah saya cek bagian permission tapi kok Masih muncul mbank51
    Udah Tanya ke Kantor cabang TDK bisa membantu sruh ikuti petunjuk buku
    Kenala yaa?? Kasih solusinya
    Sudah aq isi pulsa uninstall udah aq copot SIM aq nyalain lg udah hasilnya ttp begitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah keluar negeri gan, semoga ada pembaca lain yang mau share pengalamnya menggunakan mbanking di luar negeri...
      Oia, saya juga pake xiaomi dan untuk permission App nya yang dicentang: 1.kirim pesan sms 2.sms layanan 3.tampil di layar kunci 4.mulai di latar belakang.
      mungkin bisa dicoba dulu kasih permission itu, dan ikuti langkah-langkah di artikel. Semoga berhasil :)
      Saya tambahkan pengalaman menarik di blog lain tentang reaktifasi mbanking bni yang terblokir yang mudah2an bisa membantu. Silahkan cek http://ceasafira.blogspot.com/2018/02/bni-internet-mobile-banking-terblokir.html

      Hapus
  19. Mau nanya gan hp ane kan meizu tipe m3 note, trus ane pakai apps bni mobile banking versi lama masih blm di update. Pas ane transaksi awalnya fine2 aja sampai suatu saat ntah knp ga bisa sama sekali. Ane kira perlu di update ni nah ane update lah. Stlah di update semua transaksi bisa kecuali liat saldo sama mutasi yg ga bisa. Jd ane inisiatif copot pasang app nya yg baru trus restart hp. Dan malah ga bisa log in sama sekali ke appsnya. Trus ane coba ke cs ganti nomor dll, sama mba cs disuruh copot pasang appsnya trus aktivasi ulang. Udah ane copot pasang tu appsnya tapi tetep aja ga bisa log in sama sekali. Appsnya kebuka cuma sampai tampilan dpannya aja. Semua setingan udah kecentang semua, kartu sim juga udah pada tempat seharusnya. Ane juga udah coba instal root checker dan hasilnya hp ane aman ga ke root tapi tetep aja ga bisa log in ga bisa aktivasi. Ada saran solusi gan buat kasus ane diatas? Terima kasih sblmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh maaf banget... udah lama ga update.. gimana udah dapet solusinya?
      Kalo udah, boleh dong sharing di mari.. barangkali ada teman2 yang mengalami hal serupa dan bisa mengikuti langkah2 ayu..

      Hapus
  20. MBANK52 sim 1 & 2 di tukar tempat atau 1 sim yg aktif gak bisa buat aktifasi. ganti hp baru bisa aktifasi.

    BalasHapus
  21. Gan kalau mbank51 gimana tuh udh berapa kali coba masuk ga bisa

    BalasHapus
  22. Gan saya ada masalah di mbank50 itu krna wktu itu krtu saya rusak saya urus ke grapari untuk aktifin nmor mbangking tsb tapi malah gabisa masuk ke mabngking knpa ya

    BalasHapus
  23. min saya rasakan sekarang di 2020 mbank50 dan ya udah uninstall aplikasi juga tetap saja sama tidak bisa masuk.

    BalasHapus

Kontribusi anda, sangat saya hargai.
Terima kasih