Cerita pengalaman, hobi, game, sepak bola, dan segala sesuatu yang terlintas dalam ingatan.

Kamis

Agar Tampilan Situs di Handphone dan Desktop Sama

Agar Tampilan Situs/ Website di Handphone, Mobile Phone atau Smartphone Full Seperti Tampilan di Desktop

Salah satu hal yang mungkin menjengkelkan bagi pemilik situs adalah 'pemaksaan' tampilan ke versi mobile dari web yang dimiliki. Fitur tersebut bisa jadi akan mempercepat proses loading tetapi harus diakui mobile view menjadikan tampilan situs terkadang diluar harapan. 

Munculnya tampilan web versi mobile dianggap sebagai ide bagus, terutama jika ponsel yang dipakai memiliki kapasitas processor dan display yang kecil. Namun saat ini smartphone sudah banyak yang mengusung kapasitas processor dan display yang cukup mumpuni. Karenanya tidak ada alasan untuk tidak bisa mengakses situs dalam tampilan penuh seperti di desktop.

Salah satu situs yang saya kelola sle.co.id awalnya demikian, saat diakses di handphone, tampilanya diluar harapan. Seperti yang tampak di gambar berikut

Tips bagi pemilik Website Agar Tampilan Situs/ Website di Handphone, Mobile Phone atau Smartphone Full Seperti Tampilan di Desktop


Sambil otak atik dashboard wordpress, saya googling (karena masih belajar) untuk mencari cara agar tampilan situs tampil utuh saat diakses di mobile phone. Kebanyakan info yang saya dapatkan, hanya mengulas dari segi settingan android di smartphone dan bukan dari settingan situs yang infonya saya cari.
Saya pun kembali ke dashboard wordpress. Saya buka appearance, settings dan sub-subnya namun tidak menemukan hasil. Hingga mata saya mengarah ke Jetpack, saya sort dan klik settings. Setelah settings terbuka, saya scroll ke bawah hingga saya temukan “Optimize your site for smartphone” yang posisinya sedang aktif, kemudian saya nonaktifkan. 

Tips bagi pemilik Website Agar Tampilan Situs/ Website di Handphone, Mobile Phone atau Smartphone Full Seperti Tampilan di Desktop
Tips bagi pemilik Website Agar Tampilan Situs/ Website di Handphone, Mobile Phone atau Smartphone Full Seperti Tampilan di Desktop


Setelah settingan tersimpan saya coba akses situs sle.co.id di mobile phone dan berhasil. Berikut tampilannya.

Tips bagi pemilik Website Agar Tampilan Situs/ Website di Handphone, Mobile Phone atau Smartphone Full Seperti Tampilan di Desktop


Kini tampilan situs tersebut full saat diakses di hanphone.

Semoga cerita ini berguna bagi anda yang sama-sama sedang belajar.

Jika teman-teman mendapatkan cara lain, silahkan diceritakan di kolom komentar, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontribusi anda, sangat saya hargai.
Terima kasih