Cerita pengalaman, hobi, game, sepak bola, dan segala sesuatu yang terlintas dalam ingatan.

Selasa

Transfer Berhasil Tapi Saldo OVO Tidak Bertambah

Transfer berhasil tapi saldo OVO tidak bertambah saya alami pada hari minggu kemaren tanggal 29 Juni 2019. Saya melakukan transfer ke akun OVO saya melalui Virtual Account (VA) transfer dari mobile banking BNI pada pukul 10.34. Namun, hingga beberapa menit kemudian, saldo di akun OVO tetap tidak bertambah alias saldo ovo tidak masuk. Berulang kali saya cek saldo di akun ovo dan tokopedia, namun tetap tidak ada perubahan.
Ini adalah pengalaman pertama saya mengalami masalah top up ovo. Jadi, wajar jika saya khawatir. Sama seperti waktu saya mendapatkan delay transfer dari m-banking BNI ke akun GO-Jek saya beberapa hari yang lalu. Namun, saat saya mengalami masalah transfer ke go-pay saya langsung menggunakan fitur help "I haven't receivd my GO-PAY top up" dan mengirim mengirim email dengan mengkik ikon disebelah kiri bawah yang bertuliskan "Email us, it's free."
Lalu saya diarahkan ke pengisian form seperti tampak pada gambar berikut


I haven't receivd my GO-PAY top up. Delay tansfer dari m-banking BNI ke akun Gopay GO-Jek
Semua form diatas saya isi sesuai dengan permasalahan yang saya hadapi. Memang tidak langsung ditanggapi dan tidak mengubah saldo GO-PAY, tapi selang beberapa jam, sekira tiga jam an, saldo GO-Pay saya sudah bertambah. 
Ingat kejadian yang saya alami di aplikasi GO-JEK tersebut, saya pun berbaik sangka, bahwa mungkin sedang terjadi kendala teknis hingga menyebabkan keterlambatan pada transfer. Saya tunggu hingga sekira 3 jam, lalu saya cek aplikasi OVO dan Tokopedia. Namun, tetap belum ada perubahan. Bahkan, hingga hampir 5 jam berlalu, saldo OVO saya tidak bertambah. Kemudian, saya langsung googling permasalahan tersebut dengan kata kunci pencarian sekitar "masalah transfer ke ovo", "transfer berhasil, saldo ovo tidak bertambah," "saldo ovo tidak masuk", dan kata-kata pencarian lain yang saya lupa. Diantara artikel yang saya baca, yang paling memikat saya adalah no pengaduan OVO di 1500696.
Awalnya saya ragu untuk menelpon nomor tersebut karena selain tarifnya tidak gratis, percakapan dengan CS (Customer Service) pasti cukup lama. Karena, setiap percakapan kita akan direkam. Bahkan saat kita disuruh menunggu kala sang CS memeriksa akun dan kendala kita (yang biasanya diiringi oleh musik selau tapi membuat hati galau, karena tarif telpon terus melampau :D)
Tapi, entah sihir apa yang dimiliki oleh nomor tersebut, hingga saya menulisnya di nomor panggilan dan, tuut.... tuut.... tuut...  akhirnya saya termsabung dengan suara merdu dari sang CS.
Betul, yang saya takutkan terjadi... Setelah data saya disesuaikan dan melaporkan masalah yang saya hadapi, saya disuruh menunggu, dengan iringan lagu selow tak kelow kelow...
Saya jauhkan hp dari telinga. Selain karena panas, saya ingin, melihat berapa menit yang sedang berlari dengan rupiah. What's the... udah hampir 10 menit. Tiba-tiba ilmu perkalian saya muncul. :D.
Saat itulah babang gantang datang, superhero dengan huruf BG di dada, otot kemana-mana, dan imagi-imagi lainnya yang menghempaskan angka-angka di dalam otak saya. Seteleh kami ngobrol ttg permasalahan saya dengan transfer dari Bank ke OVO, sang babang gantang menyarankan saya untuk menunggu hingga 1x24 jam atau lebih. Karena menurutnya, ada teman yang bahkan mendapatkan keterlambatan hingga 5 hari. Itu, menurutnya, terjadi karena ia telah mencapai limit dalam 1 bulan itu. Saya pun mengira jika saya mengalami hal yang sama. Sebab, kejadiannya pas di akhir bulan. Wallohu A'lam... 
Tanpa basa basi, saya pun menutup line telpon yang masih mendendangkan lagu selaw tak galaw galaw...
Mulai saat itu, berulang kali saya cek saldo di akun ovo dan tokopedia, namun tetap tidak ada perubahan. Bahkan saya seskali mengecek akun m banking untuk memeriksa andai transfernya dikembalikan. Saya cek saldo, tidak bertambah malah berkurang (eh maaf, itu karena saya melakukan transaksi lain). Saya cek riwayat transaksi 1 minggu terakhir, jelas terurai ada transfer ke VISIONET INTERNATIONAL. Berarti, transfer berhasil tapi tidak masuk ke saldo OVO. 
Esoknya, sekira jam 11 an, saat proses transfer sudah melewati 24 jam, saya cek lagi. Tapi hasilnya masih nihil baik di akun OVO, Tokopedia, maupun di BNI m-banking. Disitulah saya mengingat pesan si babang gantang. Sehingga, saya pun mengharapkan baliknya duit ke rekening atau bertambah saldo ovo dengan santay. Karena menurut sang guru, harapan terlalu tinggi, bisa membuat kita sakit saat jatuh. 
Dan kata ajengan: kalau kehilangan itu berarti bukan rejeki kita, da mun rejeki mah tangtu bakal kapimilik (kalau rejeki tentu akan kita miliki). sang ajengan menyuruh kita memasrahkan suatu kehilangan pada Yang Maha Kuasa, dengan berdo'a

 اللَّهُمَّ أَجِرْنِى فِى مُصِيبَتِى وَأَخْلِفْ لِى خَيْرًا مِنْهَا

"Ya Allah, berilah ganjaran terhadap musibah yang menimpaku dan berilah ganti dengan yang lebih baik".

Barulah pada hari ke-3, tepatnya tanggal 1 Juni 2019, saya mendapatkan notifikasi bahwa OVO mengirimkan dana sebesar Rp 200k. Berarti, masalah saldo ovo tidak masuk sudah teratasi. Alhamdulillah.... 
Jika ada cerita dan pengalaman yang sama atau berbeda, dan ingin membagikannya kepada pembaca lain, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga cerita dan pengalaman kita bisa bermanfaat untuk pembaca lainnya yang sedang mencari solusi dari masalah saldo ovo, top ovo tidak masuk, saldo ovo belum masuk, dll. Terima kasih.

8 komentar:

  1. Saya sedang mengalami nya saat ini mbk..brarti kesimpulan mskpun kita tdk tlp ke cs ovo ttp bisa msuk ya dana kita ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru balas, semoga saldo ovo-nya udah masuk ya ka..

      Hapus
  2. Saya mengalami masalah itu juga kak dng nomonal 600rb ya allah mana itu sangat dibutuhkan lagi

    BalasHapus
  3. Saya sedang mengalaminya daya yopup 7 JT tapi blm.masuk ke ovo padahal.keterangan berhasil di rekening bank BNI

    BalasHapus
  4. Saya sedang mengalaminya,Dari rekening sudah berhasil tapi di ovo tidak.
    Mana uangnya butuh buat bayar asuransi lagi 😥 semoga aja bisa kembali

    BalasHapus
  5. Kemari malam terjadi.. saya butuh bayar belanjaan tokped tapi gada notif saldo bertambah. Bolak balik refres ga masuk"... Jadi harus tunggu aja ini??

    BalasHapus
  6. Sama saya sedang mengalami dengan nominal 500 rbu notifnya berhasil tpi saldonya ovonya gak bertambah

    BalasHapus

Kontribusi anda, sangat saya hargai.
Terima kasih