Cerita pengalaman, hobi, game, sepak bola, dan segala sesuatu yang terlintas dalam ingatan.

Jumat

Mengatasi Microsoft.ACE.OLEDB.12.0 provider is not registered on the local machine

Hari ini saya coba lapor pajak online lewat e-filing setelah mendapatkan file-file yang sudah saya terima dari rekan kerja karena aplikasi yang sudah saya install tahun lalu ada ada di laptop pribadi, sedangkan sekarang saya menggunakan laptop perusahaan dan belum terinstall aplikasi tersebut. 
cara mengatasi masalah Microsoft.ACE.OLEDB.12.0 provider is not registered on the local machine setelah menginstall aplikasi pajak online lewat e filling
Image source:utekno.com
setelah selesai install dan menjalankan programnya saya mendapatkan masalah saat membuka file database dan langsung muncul pesan error yang kurang lebih nya seperti ini: Microsoft.ACE.OLEDB.12.0 provider is not registered on the local machine.
Rekan saya menyarankan menginstall ulang karena menurutnya mungkin ada kesalahan saat instalasi dan saya pun melakukanya. Namun masalah masih tetap sama, lalu rekan saya menyarankan untuk merestart ulang laptop. Kali ini saya urung melakukan sarannya karena saya pikir akan lebih mudah jika saya mencari solusi nya via googling.
Saat googling dengan kata pencarian Microsoft.ACE.OLEDB.12.0 provider is not registered on the local machine, maka yang muncul di google adalah situs-situs berbahasa inggris dan hanya beberapa yang berbahasa indonesia. Saya pun langsung membuka situs yang berbahasa indonesia milik utekno yang menjelaskan cara mengatasi masalah yang saya hadapi. Setelah saya baca, utekno menyarankan untuk menginstall salah satu file yang disarankan utekno. Saya menginstall file yang pertama yaitu acces database engine yang utekno berikan link nya dan mengarahkan saya ke situs microsoft, tepatnya di url ini https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=13255 
Setelah saya download dan install, masalah yang sebelumnya saya hadapi tidak terjadi lagi. Bagi anda yang mengalami masalah yang sama, dan ingin membaca sumber cerita saya ini, silahkan kunjungi url nya di https://utekno.com/mengatasi-error-microsoft-ace-oledb-12-0-14023 semoga anda dapat mengatasi masalah Microsoft.ACE.OLEDB.12.0 provider is not registered on the local machine.
Terima kasih utekno.com.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontribusi anda, sangat saya hargai.
Terima kasih