Cerita pengalaman, hobi, game, sepak bola, dan segala sesuatu yang terlintas dalam ingatan.

Kamis

Memasukan Kode HTML di Halaman Blog Dalam Kotak

Awalnya saya ingin nyari tau gimana caranya menempatkan iklan Adsense in article di postingan. Lalu saya googling dengan pencarian "cara menempatkan in article ads di postingan blog" dan mesin pencari google memberikan banyak opsi situs yang bisa saya jadikan acuan, salah satunya tutorialumum.com dengan judul Cara Memasang In-Article Ads Google AdSense Secara Otomatis. Setelah saya buka situs tersebut, saya ikuti langkah-langkah yang dijabarkan lengkap dengan gambar yang menurut saya sangat membantu, terutama bagi newbie seperti saya. Namun, dari keseluruhan turorial yang diberikan, hanya ada satu poin yang menurut saya cukup membingungkan yaitu perintah "kemudian masukan kode iklan yang sudah diparse tepat dibawah kode <!-- Masukan kode iklan yang sudah di parse disini -->" karena disitus panduaneka.com perintahnya adalah "Ganti script Kode Iklan Disini dengan kode iklan Adsense Anda yang sudah diparse". Sehingga, dalam hal penempatan kode iklan yang sudah diparse, saya mengikuti yang dijelaskan oleh panduaneka.com. 
dan terbukti berhasil, hasilnya bisa kamu lihat di postingan ini atau postingan saya yang lain. Untuk cerita lengkapnnya, akan saya tulis di postingan selanjutnya karena saya tertarik dengan postingan yang ada di halaman tutorialumum.com yang memasukan kode html di dalam sebuah frame seperti tampak pada gambar berikut
Kode html didalam postingan
Mengapa menarik? karena saya pernah mencoba memasukan kode html kedalam postingan, seperti pada halaman Cara Menyembunyikan Widget yang Belum Dibutuhkan di blogspot, harus terlebih dahulu diparse dan tidak seperti pada halaman tutorialumum.com tersebut yang tidak perlu diparse dulu bahkan ada dalam kotak.
Kemudian saya intip element yang ada disitus tersebut dan menemukan kode (pre) dan langsung saya googling cara penggunaan (pre) tersebut dengan harapan bisa mencari tau cara memasukan kode html ke dalam postingan tanpa harus diparse dan sambil belajar penggunaan (pre) tersebut. 
Saya pun mencobanya dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan dalam halaman redaksiexpo2012.blogspot.co.id dan berhasil jika hanya mengcopy-paste kode yang dicontohkan oleh situs tersebut namun berkali-kali gagal saat digunakan dalam postingan yang berisi cerita dan kode html yang dimasukan. Bahkan sempat saya coba tutorial yang ada di halaman mirandahardy.blogspot.com, namun tetap tidak berhasil, hehe... maklum newbie yang awam akan html.
Setelah beberapa kali perobaan, akhirnya saya nyerah dulu belajar penggunaan kode (pre) dan mengganti pencarian dengan "memasukan kode html di postingan dengan scroll" mengingat kotak yang ada di situs tutorialumum.com bisa saya scroll. 
Dari banyaknya yang ditawarkan mesin google, saya memilih "5 Langkah Mudah Membuat Scroll Box Menarik Pada Postingan Blog" milik faris6593.blogspot.co.id. Saya pun mengikuti kelima langkah tersebut dan berhasil, contoh penampakannya bisa kamu lihat di postingan ini.
Berikut 5 langkah tersebut yang saya lakukan.
1. Masuk ke akun blogger
2. Lalu saya klik postingan dan klik entri baru
3. Pada window entri baru, saya pilih mode HTML yang ada disebelah Compose, lalu saya copy paste kode dibawah ini


border:
5px solid #ea6153height: 200px; overflow: auto; padding: 5px; width: auto; text-align: justify;"> masukkan Kode / Script yg ingin di masukan
Pengaturan:
Merah : tebal dinding box
Biru : warna dinding box
Height : tinggi box

4. Lalu saya pindahkan lagi ke mode Compose, dan hasilnya seperti gambar berikut.

5. Terakhir saya ganti kata-kata “masukkan Kode/Script yg ingin dimasukkan” dengan kode tersebut langsung di kotak.

Sekian dulu ceritanya, terima kasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontribusi anda, sangat saya hargai.
Terima kasih