Cerita pengalaman, hobi, game, sepak bola, dan segala sesuatu yang terlintas dalam ingatan.

Selasa

Mengatasi Fatal Error: Cannot redeclare tgmpa, Saat Update Plugin

Saya mengalami Fatal error: Cannot redeclare tgmpa() (previously declared in/xx/xx/ /public_html/wp-content/plugins/apply-online/required-plugins/class-tgm-plugin-activation.php:2126) in/xx/xx/public_html/wp-content/themes/xx/includes/class-tgm-plugin-activation.php on line 2175 saat mengupdate plugin apply online di wordpress.

Lalu saya googling dan menemukan diskusi di halaman wordpress.org yang membahas masalah serupa, namun beda plugin.

Di forum tersebut user kjy112 (@kjy112) mengungkapkan masalah yang ia dapatkan sbb:

Fatal error: Cannot redeclare tgmpa() (previously declared in /public_html/wp-content/plugins/popup-by-supsystic/modules/tgm_promo/classes/class-tgm-plugin-activation.php:2126) in /public_html/wp-content/themes/xx/includes/plugins/class-tgm-plugin-activation.php on line 2118

Ada beberapa tanggapan yang diberikan, bahkan dari pihak plugin supsystic pun ikut memberi tanggapan. 
Hi, @kjy112
This is a conflict with template.

We will release a fix for it.

I’ll inform you about update.

Best regards.
Namun, tanggapan dari pihak plugin tersebut ditanggapi miring oleh jrf  (@jrf) karena menurutnya, masalah tersebut bukanlah hal yang bisa diperbaiki oleh plugin, bahkan hanya akan memperburuk keadaan. Ia pun menambahakan bahwa hal tersebut karena template yang digunakan oleh user.

@supsystic This is not something you should “fix”, you will only be making things worse. This is an issue with the theme the user is using, not your plugin.

jrf  (@jrf) memberikan solusi untuk mengatasi error tersebut yang menurutnya, hal tersebut  biasanya dikarenakan kesalahan pembuat template. dan cara termudah untuk mengatasinya adalah mengganti file TGMPA sbb: 
mengganti file TGMPA

  1. Download versi terbaru di http://tgmpluginactivation.com/download/ (click “Zipball” yang ada di kolom bagian bawah, seperti yang ada pada gambar diatas)
  2. Ekstrak file dan kamu akan temukan file class-tgm-plugin-activation.php 
  3. Upload file tersebut via FTP (di file manager cpanel) ke direktori /public_html/wp-content/themes/xx/includes/plugins/class-tgm-plugin-activation.phpuntuk menggantikan file class-tgm-plugin-activation.php yang ada di direktori website tersebut.

Setelah membaca forum tersebut, saya pun mencoba solusi yang disarankan oleh  jrf  (@jrf), dan berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontribusi anda, sangat saya hargai.
Terima kasih