Cerita pengalaman, hobi, game, sepak bola, dan segala sesuatu yang terlintas dalam ingatan.

Kamis

Top Up Lazada Berhasil, Tapi Transaksi Dibatalkan Dengan Alasan "Payment Never Received"

Top up lazada berhasil, tapi transaksi dibatalkan dengan alasan "Payment Never Received." Anehnya, saldo DANA saya di Lazada hilang, alias jadi 0 Rupiah. Hal tersebut pernah saya alami saat hendak membayar tagihan listrik PLN.

Begini ceritanya...

Sore tanggal 28 Mei 2020, ceritanya, saya coba cek tagihan listrik di Bukalapak utk id pln an bapak saya yang telat bayar. Sebetulnya, sengaja belum saya bayarkan karena masih menunggu tindak lanjut dari pihak pln atas laporan saya terkait lonjakan biaya listrik pasca bayar. Biasanya tagihan per bulan sekira 450rb an, tapi bulan Mei melonjak menjadi 750rb an. Edan bukan?

Untuk cerita selengkapnya, silahkan baca:

Tagihan Listrik Memengkak di Bulan Mei

Kembali ke aplikasi bukalapak. Saat mau cek tagihan listrik dengan mengklik icon tagihan listrik pascabayar, langsung muncul tagihan listrik yang sebelumnya pernah saya coba bayarkan di bukalapak, tapi tidak jadi. Saat itu saya memilih melakukan transaksi di Lazada karena ingin memanfaatkan voucher lazada. 

Saya kaget saat melihat tagihan listrik yang muncul, karena saya melihat masih ada tagihan beserta denda sebesar 3000 rupiah. 


tagihan listrik di bukalapak. cek tagihan listrik pascabayar. cek tagihan listrik non token


Padahal jika kita cek tagihan listrik di bukalapak, akan muncl notifikasi  "tagihan sudah terbayar" seperti gambar berikut, jika tagihan memang sudah dibayar.


notifikasi bukalapak untuk transaksi listrik pascabayar yang sudah terbayar. Cek tagihan listrik pascabayar. cek pembayaran listrik pln pascabayar.


Itu artinya transaksi pembayaran listrik pascabayar yang saya lakukan di lazada pada tanggal 20 Mei 2020, gagal.

Saya pun langsung membuka lazada dan memeriksa riwayat transaksi. Ternyata betul, transaksi pada tgl 20 utk pembayaran pln pascabayar dibatalkan. 



transaksi dibatalkan oleh lazada. transaksi pembayaran listrik pln pascabayar dibatalkan lazada

Untuk kasus gagal transaksi ini, saya mendapatkan notifikasi transaksi dibatalkan karena "payment never recieved" via aplikasi lazada pada opsi pesanan dan via email pada tanggal 23 Mei 2020. Notifikasi yang telat saya baca, dan berakhir pada pembatalan transaksi. 

Notifikasi transaksi pembayaran listrik pln pascabayar di lazada

Notifikasi transaksi via email dari lazada tentang pembayaran listrik pln pascabayar

Dan yang lebih mengagetkan lagi, saat saya klik ikon wallet lazada, saya melihat saldo saya berjumlah 0 rupiah. Lalu, saat saya klik ikon transaksi, ada keterangan top up berhasil, seperti pada gambar dibawah. Berarti, Top Up Lazada berhasil, tapi transaksi dibatalkan dengan alasan "payment never received". 

Hmm.. apakah ini karena sistem DANA tidak langsung memverifikasi pembayaran secara otomatis, atau apakah saya harus mengkonfirmasi pembelian secara manual (padahal saaat saya transfer menggnakan sistem Virtual Account Transfer), atau sedang ada kendala teknis? entahlah. Saat itu yang ada di benak saya hanya pikiran Saldo yang 0 rupiah..

lazada credit. saldo DANA di aplikasi lazada
gambar riwayat transaksi di lazada

Lalu, kalau transaksi dibatalkan, kok ga ada refund? ko saldo DANA saya di Lazada jadi 0 rupiah?Disitulah saya berasumsi, saya telah kehilangan sekira 120rb an.

Lumayan panik, karena di masa pandemic covid-19 ini, uang segitu lumayan besar artinya. Apalagi, jika harus hilang dengan sia2.

Lalu saya cek transaksi sebulan terakhir di aplikasi BNI M-Banking. Dalam daftar transaksi, terdapat transfer ke akun DANA sebesar 118rb an. Dari situ, saya mulai yakin kalo saya telah kehilangan uang sekira 120rb an.

Kemudian saya cek akun saya di Bukalapak. Karena di aplikasi Bukalapak juga, saya biasa melakukan pembayaran dengan akun DANA. Tapi, setelah cek riwayat, saya tidak menemukan refund sebesar 118rb an dari tup up DANA di aplikasi Lazada. Dari situ saya tambah yakin akan kehilangan saldo tersebut.

Hmm.. Saat saya mau menghubungi CS di lazada, tapi saya urungkan. Karena ada pikiran lain yang terlintas, yakni, memeriksa transaksi di aplikasi DANA. Lalu saya install app DANA untuk pertama kalinya. Di handphone lama, saya tidak bisa menginstalnya karena terkendala dengan ruang penyimpanan.

Setelah aplikasi DANA terpasang, lalu saya buka dan langsung lihat daftar transaksi. Ternyata, transfer dari BNI ke DANA yang saya kira raib di Lazada, terekam di apk DANA. Ada refund sebesar 119rb an. Artinya, saya tidak kehilangan saldo tersebut. Usut punya usut, ternyata refund saldo dana sudah saya belanjakan di aplikasi bukalapak seperti tampak pada gambar diatas. Saya tidak ngeh jika saldo dana saya sebelumnya kosong. my bad.


Hmm.. leganya hati ini.... Meski agak kecewa, karena saya kena PRANK akibat telat menginstall aplikasi DANA. Akibatnya, Saya kaget karena merasa kehilangan saldo di Lazada. Selain itu, karena kelalaian saya dalam memantau transaksi di lazada, saya tidak jadi mendapatkan lazada promo dan diskon dari voucher lazada. Malah, saya harus membayar denda untuk keterlambatan pembayaran listrik PLN pascabayar. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontribusi anda, sangat saya hargai.
Terima kasih