Cerita pengalaman, hobi, game, sepak bola, dan segala sesuatu yang terlintas dalam ingatan.

Selasa

Membatalkan Pesanan di Blibli dengan Bantuan CS

Membatalkan Pesanan di Blibli dengan Bantuan CS

Membatalkan Sebagian Pesanan di Blibli dengan Bantuan CS saya share disini sesuai dengan pengalaman pribadi belanja online. Begini ceritanya.

Kemarin, tepatnya tanggal 21 Agustus 2018, saya mendapatkan info produk popok bayi merk baby happy yang cukup murah di flash sale Blibli. Baby Happy ukuran L 36, dijual seharga 37 ribu saja. Sehingga, saya langsung klik produk dan memasukkan ke keranjang. Lalu saya cari lagi produk di merchant blibli yang sama untuk melengkapi pesanan minimal 50 ribu agar bisa menikmati gratis ongkir blibli atau potongan ongkir hingga 20 ribu. 

Saat cerita ini dibuat (silahkan koreksi jika salah), ada tiga jenis ongkir blibli atau potongan ongkos kirim di blibli. 

  1. Dengan minimal transaski 50 ribu, pembeli akan mendapat subsidi ongkir sebesar 20 ribu.
  2. Dengan minimal transaski 100 ribu, pembeli akan mendapat subsidi ongkir sebesar 30 ribu.
  3. Dengan minimal transaski 250 ribu, pembeli akan mendapat subsidi ongkir sebesar 50 ribu.

Ok, kita kembali ke cerita. Karena status produk yang saya incar itu sepertinya cukup banyak peminat, dan saya takut kehabisan, langsung saya lanjutkan ke proses pembayaran tanpa melihat detail pesanan. Saat itu, yang saya perhatikan hanya harga baby happy dan produk pelengkap tidak kena ongkir alias ongkir Rp. 0.

Setelah proses pembayaran terverifikasi, barulah saya cek detail pesanan. Sehingga, saya baru ngeh kalau produk popok Baby Happy L 36 yang saya pesan adalah tipe perekat. Lalu, saya berniat membatalkan pesanan karena pembeli popok bayi tipe perekat di warung saya tidak ada. Semua pelanggan selalu membeli popok tipe celana. Sehingga, saya kira popok tersebut tidak akan ada yang mau beli.

Namun, saat saya lihat detail pesanan, saya tidak menemukan opsi pembatalan, seperti yang pernah saya lakukan di shopee, bukalapak,dan tokopedia. Sehingga, saya langsung memilih opsi chat langsung dengan customer care di pusat bantuan untuk menanyakan terkait pembatalan pesanan.  

Setelah menunggu sekira 1 menit, saya mendapatkan giliran antrian chatting. Alhamdulillah, setelah saya sampaikan kendala, CS bersedia membantu membatalkan pesanan popok Baby Happy L30 dengan menyampaikan ketentuan pembatalan berdasarkan request pembeli. Diantaranya, bahwa refund nantinya akan berbentuk voucher blibli yang prinsipnya, kalau tidak salah, sama dengan voucher blibli lainnya, yaitu dapat digunakan untuk belanja dan tidak dapat digabung dengan voucher lainnya.

Lalu saya Tanya, apakah produk lainnya yang saya pesan juga dibatalkan atau tidak. Saya khawatir jika tidak dibatalkan, nanti akan kena biaya pengiriman karena haraga produk yang tadinya saya tambahkan untuk melengkapi minimal pembelian 50 ribu itu, hanya sekira 20 ribuan. CS pun menjawab jika saya tidak perlu membatakan pesanan produk tambahan tersebut karena yang sudah dibayarkan nantinya hanya dikurangi nominal harga produk yang dibatalkan. Terakhir, CS meminta data (pesanan terakhir, no telp, dan TTL) untuk mengkonfirmasi permintaan pembatalan pesanan. Untuk opsi pesanan terakhir tidak saya sampaikan karena lupa dan harus membuka daftar transaksi. CS Blibli pun tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Selang beberapa hari, tepatnya hari senin tanggal 24 Agustus 2020, produk yang saya pesan di Blibli datang diantarkan oleh kurir MEX. Lalu saya cek aplikasi Blibli untuk mengkonfirmasi pesanan yang sudah saya terima. Selain itu, saya juga penasaran untuk memeriksa apakah voucher pengembalian dana sudah masuk kea kun saya atau belum. Sayangnya, voucher blibli tersebut belum ada di akun saya. 

Tanggal 25 Agustus 2020 jam 10.06 WIB, saya cek voucher Blibli di akun saya sambil melanjutkan menulis cerita ini, namun statusnya masih kosong. Saya cek pusat resolusi pun, tiket kendala masih berstatus "menunggu respon."

Membatalkan Pesanan di Blibli dengan Bantuan CS. Membatalkan sebagian pesanan. membatalkan transaksi di blibli. pengembalian dana di blibli.

Saat saya sedang menulis, sekira pukul 10.08 WIB, saya mendapatkan notifikasi pengembalian dana dari Blibli. Lalu saya buka aplikasi dan cek voucher. Alhamdulilah voucher pengembalian dana sudah ada di akun Blibli. Seperti tampak pada screenshot diatas, Voucher Diskon dari pengembalian dana berlaku selama tiga bulan , dari 27 Agustus hingga 25 November 2020.

Itulah pengalaman saya membatalkan pesanan di Blibli dengan bantuan CS. Jika ada cerita yang berbeda dan ingin disampaikan, silahkan ceritakan di kolom komentar. Semoga cerita kita dapat membantu teman-teman yang sedang mencari informasi tentang membatalkan pesanan di Blibli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kontribusi anda, sangat saya hargai.
Terima kasih