Membatalkan Pesanan di Blibli dengan Bantuan CS
Membatalkan Sebagian Pesanan di Blibli dengan Bantuan CS saya share disini sesuai dengan pengalaman pribadi belanja online. Begini ceritanya.
Kemarin, tepatnya tanggal 21 Agustus 2018, saya mendapatkan info produk popok bayi merk baby happy yang cukup murah di flash sale Blibli. Baby Happy ukuran L 36, dijual seharga 37 ribu saja. Sehingga, saya langsung klik produk dan memasukkan ke keranjang. Lalu saya cari lagi produk di merchant blibli yang sama untuk melengkapi pesanan minimal 50 ribu agar bisa menikmati gratis ongkir blibli atau potongan ongkir hingga 20 ribu.
Saat cerita ini dibuat (silahkan koreksi jika salah), ada tiga jenis ongkir blibli atau potongan ongkos kirim di blibli.
- Dengan minimal transaski 50 ribu, pembeli akan mendapat subsidi ongkir sebesar 20 ribu.
- Dengan minimal transaski 100 ribu, pembeli akan mendapat subsidi ongkir sebesar 30 ribu.
- Dengan minimal transaski 250 ribu, pembeli akan mendapat subsidi ongkir sebesar 50 ribu.
Ok, kita kembali ke cerita. Karena status produk yang saya incar itu sepertinya cukup
banyak peminat, dan saya takut kehabisan, langsung saya lanjutkan ke proses
pembayaran tanpa melihat detail pesanan. Saat itu, yang saya perhatikan hanya
harga baby happy dan produk pelengkap tidak kena ongkir alias ongkir Rp. 0.
Setelah proses pembayaran terverifikasi, barulah saya cek
detail pesanan. Sehingga, saya baru ngeh kalau produk popok Baby Happy L 36
yang saya pesan adalah tipe perekat. Lalu, saya berniat membatalkan pesanan
karena pembeli popok bayi tipe perekat di warung saya tidak ada. Semua
pelanggan selalu membeli popok tipe celana. Sehingga, saya kira popok tersebut
tidak akan ada yang mau beli.
Namun, saat saya lihat detail pesanan, saya tidak menemukan
opsi pembatalan, seperti yang pernah saya lakukan di shopee, bukalapak,dan
tokopedia. Sehingga, saya langsung memilih opsi chat langsung dengan customer
care di pusat bantuan untuk menanyakan terkait pembatalan pesanan.
Setelah menunggu sekira 1 menit, saya mendapatkan giliran
antrian chatting. Alhamdulillah, setelah saya sampaikan kendala, CS bersedia
membantu membatalkan pesanan popok Baby Happy L30 dengan menyampaikan ketentuan
pembatalan berdasarkan request pembeli. Diantaranya, bahwa refund nantinya akan
berbentuk voucher blibli yang prinsipnya, kalau tidak salah, sama dengan voucher
blibli lainnya, yaitu dapat digunakan untuk belanja dan tidak dapat digabung
dengan voucher lainnya.
Lalu saya Tanya, apakah produk lainnya yang saya pesan juga dibatalkan
atau tidak. Saya khawatir jika tidak dibatalkan, nanti akan kena biaya
pengiriman karena haraga produk yang tadinya saya tambahkan untuk melengkapi
minimal pembelian 50 ribu itu, hanya sekira 20 ribuan. CS pun menjawab jika saya
tidak perlu membatakan pesanan produk tambahan tersebut karena yang sudah
dibayarkan nantinya hanya dikurangi nominal harga produk yang dibatalkan. Terakhir,
CS meminta data (pesanan terakhir, no telp, dan TTL) untuk mengkonfirmasi
permintaan pembatalan pesanan. Untuk opsi pesanan terakhir tidak saya sampaikan karena lupa dan harus membuka daftar transaksi. CS Blibli pun tidak mempermasalahkan hal tersebut.
Selang beberapa hari, tepatnya hari senin tanggal 24 Agustus 2020, produk yang saya pesan di Blibli datang diantarkan oleh kurir MEX. Lalu saya cek aplikasi Blibli untuk mengkonfirmasi pesanan yang sudah saya terima. Selain itu, saya juga penasaran untuk memeriksa apakah voucher pengembalian dana sudah masuk kea kun saya atau belum. Sayangnya, voucher blibli tersebut belum ada di akun saya.
Tanggal 25 Agustus 2020 jam 10.06 WIB, saya cek voucher Blibli di akun saya sambil melanjutkan menulis cerita ini, namun statusnya masih kosong. Saya cek pusat resolusi pun, tiket kendala masih berstatus "menunggu respon."
Saat saya sedang menulis, sekira pukul 10.08 WIB, saya
mendapatkan notifikasi pengembalian dana dari Blibli. Lalu saya buka aplikasi
dan cek voucher. Alhamdulilah voucher pengembalian dana sudah ada di akun
Blibli. Seperti tampak pada screenshot diatas, Voucher Diskon dari pengembalian dana berlaku selama tiga bulan , dari 27 Agustus hingga 25 November 2020.
Itulah pengalaman saya membatalkan pesanan di Blibli dengan bantuan CS. Jika ada cerita yang berbeda dan ingin disampaikan, silahkan ceritakan di kolom komentar. Semoga cerita kita dapat membantu teman-teman yang sedang mencari informasi tentang membatalkan pesanan di Blibli.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Kontribusi anda, sangat saya hargai.
Terima kasih